Arsitektur & unsur didalamnya

Arsitektur & unsur didalamnya

Arsitektur memiliki arti yang berbagai macam. Didalam arsitektur memiliki beberapa unsur utamanya: Menurut Christian Noerberg Schulz, arsitektur sebagai keseluruhan dari 4 hal, yaitu:
– Form
– Technics
– Building Task
– Semantics
Menurut Mangun Wijaya, arsitektur adalah:

– Wastu (Perwujudan)
– Citra
dan masih banyak lagi pendapat-pendapat para ahli tentang arsitektur. Ir. Munichy B. Eddress, Ketua IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) wilayah Jogja merumuskan, arsitektur memiliki 5 unsur utama penyokongnya, yaitu:

– Technics (Teknik)
– Forms (Bentuk)

– Building Task (Peran / Fungsi Bangunan)
– Safety (Keamanan)

– Comfort (Kenyamanan) dan 1 unsur penting yang menyatukan ke-5 unsur diatas, yaitu:
– Contextual

Dari ke-5 unsur tersebut, karena saya berada di Indonesia yang terlalu tinggi krisis ekonominya, maka saya menambahkan satu unsur didalamnya, yaitu: Cost (Harga)


Teknik:
Arsitektur mengandung beberapa unsur teknik, seperti mekanika terapan (untuk perkuatan struktur), plumbing (untuk sanitasi), MEE (pe-listrik-an), thermal (suhu & kelembaban), dan lain-lain.

Bentuk: Bentuk dasar terdiri dari 2 jenis, segi & lengkung. Segi dapat diartikan: segitiga, segiempat, dst dan lengkung dapat diartikan lingkaran, alur, dan penggabungan antara lingkaran-lingkaran, alur-alur atau lingkaran dan alur. Berbagai bentuk yang sudah terkelompok, tertata & menjadi istilah tertentu, diantaranya seperti: minimalis, tropis, artdeco, gothic, indie, dan beberapa tatanan arsitektur lokal (daerah).

Fungsi: Wadah, tempat, area dalam arsitektur harus dapat menampung fungsi didalamnya yang mempertimbangkan pelaku, prilaku, budaya dan ruang/dimensi.

Keamanan: Keamanan didalam arsitektur terbagi atas 2 macam, keselamatan bangunan (building safety) dan keamanan bangunan (building security). Keselamatan bangunan lebih kepada penerapan struktur, penerapan alur/sirkulasi darurat, dan berbagai hal yang berhubungan dengan gejala alam. Sedangkan Keamanan bangunan lebih kepada hal-hal yang berhubungan dengan ancaman dari manusia, pencurian, perampokan, dan terorisme.

Kenyamanan: Beberapa kenyamanan ada yang terukur secara perhitungan dan ada yang terukur secara psikologis. Kenyamanan yang dapat terukur secara perhitungan seperti: kenyamanan thermal (suhu & kelembaban), accoustic (pendengaran), dan ergonomi (antara pelaku dan objek yang digunakan). Dan kenyamanan secara psikologi bergantung pada individu si pengguna, seperti kesukaan terhadap warna & terhadap bentuk objek, dan lain-lain.

Harga: Harga merupakan unsur yang sangat berpengaruh terutama pada negara berkembang. Dan harga pula yang menentukan ke-empat unsur diatas dapat diaplikasikan seberapa besar, dengan pola pengembangan/bertahap atau langsung berdiri sempurna dan pemilihan material lokal atau diluar.

Contextual: Memiliki arti, dimana arsitektur itu dibangun disana pula ia harus menyesuaikan dengan lingkungannya, baik dalam hal teknik, bentuk, fungsi, keamanan, kenyamanan dan harga. Arsitektur harus bisa menempatkan potensi alam dan keserasian dengan lingkungan sekitarnya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: