RUMAH & GUDANG

Nama Proyek: Rumah & Gudang
Lokasi: Wonosobo, Jawa Tengah
Owner: Mrs.Titin

Pemilik adalah seorang pengusaha dibidang perhiasan dan memiliki background sebagai arsitek.  Traumatik karena sang saudara memiliki nasib mengenaskan apabila tinggal didalam ruko maka pemilik memutuskan untuk membangun rumah sendiri yang terpisah dari ruang usahanya.


Cukup rumit merumuskan ide dan keinginan rumah ini. Seperti biasanya apabila arsitek saling bertemu maka akan semakin lama progress perencanaan, karena penafsiran satu kata/istilah di arsitek yang satu bisa berbeda jika diartikan oleh arsitek lainnya.  Maka untuk mempersingkat progress perencanaan, digunakan majalah sebagai jalan tengahnya.

EXTERIOR DESIGN
Penempatan Rumah & Gudang
Rumah dan gudang langsung dibagi menjadi 2 bagian terpisah termasuk sirkulasi kendaraannya, terlebih karena posisi jalan yang miring dan tidak memungkinkan menjadi satu carport.

Konsep Minimalis Tropis
Konsep tropis dapat dilihat dari penggunaan atap miring pada rumah dan penerapan konsep minimalis yaitu pada bagian shading (topi-topi) dan pada balkon teras rumah
Jendela dibagi menjadi 3 bagian dimana bukaan jendela mengarah ke samping.


Tiang Listrik
Salah satu kendala didalam desain yaitu adanya tiang listrik pada area sudut site, sehingga pintu tidak dapat dibuka maksimal.  Maka untuk menutup bagian tersebut, diberikan “pagar lipat” dengan desain pagar seragam dengan pagar utama (pagar geser)


Akses Carport Gudang ke Rumah
Dikarenakan keadaan site yang berkontur dan posisi gudang lebih rendah dibanding teras rumah, maka akses menggunakan trap tangga.  Dan agar terlihat lebih asri maka pada bagian samping tangga diberikan vegetasi rumput dan bunga



INTERIOR DESIGN
Ruang Makan

Meja makan mengambil bentuk dari Vinoti living dan di matchkan dalam ruangan.  Pada bagian atas meja terdapat lampu gantung dengan sorotan berfokus pada makanan pada meja, agar lebih nyaman pada saat makan.

Pada bagian plafond meja makan diturunkan dan dipasang lampu continuous light (namun divisualisasi tidak dinyalakan), agar ruang tidak terlihat terlalu flat.


Pintu Ganda
Pintu ganda/double dimaksudkan agar apabila sang pemilik sedang bepergian maka pembantu hanya dapat melakukan aktifitas hanya pada ruang yang telah ditentukan, namun sirkulasi udara tetap leluasa masuk kedalam ruang.


Innercourt (Taman dalam Rumah)

Dengan menggunakan majalah sebagai jalan tengah untuk memperoleh bentuk elemen dari yang diinginkan:

Lalu dimatchkan/disesuaikan kedalam site/desain :

Terdapat 2 area pada taman, yaitu area kering (Rumput & vegetasi) dan area basah (kolam).  Dan pada kolam tersebut juga dibagi menjadi 2, yaitu kolam penuh percikan air dan kolam dengan kondisi air tenang.

Apabila malam hari, lampu pada taman dapat menambah kesejukan suasana di teras.  Dan sangat nyaman apabila melakukan relaksasi setelah beraktifitas seharian.


Ruang Keluarga
Furniture yang digunakan dalam Ruang Keluarga lebih banyak menggunakan bahan kayu dengan finishing Chocolate brown.  Tempat duduk juga dapat digunakan untuk selonjoran dan bersantai.
Desain backdrop TV disesuaikan dengan keinginan pemilik, yaitu banyak tempat untuk memajang dan meletakkan barang


Ruang Aktifitas Anak

Dengan menggunakan majalah sebagai jalan tengah mendapatkan elemen desain, yaitu furniture

Kemudian desain disesuaikan /contextual dengan desain rumah yang ada saat ini, maka tercipta detail furniture sebagai berikut:

Karena sang anak masih balita, maka hal terkecil yang tidak terlupakan adalah setiap sudut furniture ditumpulkan agar lebih aman ketika bermain.

Motif dinding agar tidak terlalu mencolok dengan ruang lain, maka wallpaper menggunakan warna hampir senada dengan dinding, yaitu coklat muda & coklat tua.
Pada bagian atas kusen yang bersebelahan dengan halaman depan rumah diberikan Ruang untuk memajang vas bunga yang disoroti lampu pada bagian dalamnya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: